Tiga Tahapan Utama dalam UbD:
1. Menentukan Tujuan Pembelajaran
§ Pertanyaan
Esensial: Apa pertanyaan mendasar yang ingin dijawab siswa setelah
pembelajaran? Pertanyaan ini mendorong siswa untuk berpikir kritis dan
menghubungkan konsep.
§ Tujuan Pembelajaran: Apa yang diharapkan siswa bisa lakukan setelah pembelajaran? Tujuan ini harus spesifik, terukur, relevan, dan berjangka waktu.
2. Menentukan
Asesmen
§ Asesmen
Formatif: Bagaimana cara memantau perkembangan belajar siswa selama proses
pembelajaran? Asesmen ini dilakukan secara berkala untuk memberikan umpan
balik.
§ Asesmen Sumatif: Bagaimana cara mengukur pencapaian akhir siswa terhadap tujuan pembelajaran? Asesmen ini dilakukan di akhir pembelajaran untuk melihat sejauh mana siswa mencapai tujuan.
3. Merancang
Kegiatan Pembelajaran
§ Kegiatan
Awal: Membangkitkan minat dan mengaktifkan pengetahuan awal siswa.
§ Kegiatan Inti: Membantu siswa membangun pemahaman melalui berbagai aktivitas yang menantang dan bermakna.
§ Kegiatan Akhir: Menguji pemahaman siswa dan memberikan umpan balik.
Contoh Penerapan Understanding by Design (UbD) dapat dilihat pada Aksi Nyata: Merancang Kegiatan Pembelajaran dengan Prinsip UbD
3 komentar
BalasHapusMelalui contoh penerapan pendekatan prinsip UbD yang diberikan, saya dapat merancang kegiatan pembelajaran yang memfokuskan pada pemahaman yang lebih mendalam terkait materi yang diajarkan
UbD dapat dijadikan salah satu referensi pendekatan yg diterapkan pada kegiatan pembelajaran yg berfokus pada pemahan mendalam peserta didik terhadap suatu materi
BalasHapusSetelah membaca tentang UbD dimana menggunakan pendekatan yang menekankan pemahaman mendalam terhadap materi pelajaran, di kelas saya akan mencoba menggunakan penerapannya sehingga tujuan pembelajaran yang diharapakan tercapai
BalasHapusPosting Komentar