Understanding by Design (UbD) merupakan pendekatan dalam merencanakan pembelajaran yang menekankan pada pemahaman mendalam peserta didik terhadap materi pelajaran yang diajarkan.

Tiga Tahapan Utama dalam UbD:

1.    Menentukan Tujuan Pembelajaran

§  Pertanyaan Esensial: Apa pertanyaan mendasar yang ingin dijawab siswa setelah pembelajaran? Pertanyaan ini mendorong siswa untuk berpikir kritis dan menghubungkan konsep.

§  Tujuan Pembelajaran: Apa yang diharapkan siswa bisa lakukan setelah pembelajaran? Tujuan ini harus spesifik, terukur, relevan, dan berjangka waktu.

2.    Menentukan Asesmen

§  Asesmen Formatif: Bagaimana cara memantau perkembangan belajar siswa selama proses pembelajaran? Asesmen ini dilakukan secara berkala untuk memberikan umpan balik.

§ Asesmen Sumatif: Bagaimana cara mengukur pencapaian akhir siswa terhadap tujuan pembelajaran? Asesmen ini dilakukan di akhir pembelajaran untuk melihat sejauh mana siswa mencapai tujuan.

3.    Merancang Kegiatan Pembelajaran

§   Kegiatan Awal: Membangkitkan minat dan mengaktifkan pengetahuan awal siswa.

§ Kegiatan Inti: Membantu siswa membangun pemahaman melalui berbagai aktivitas yang menantang dan bermakna.

§   Kegiatan Akhir: Menguji pemahaman siswa dan memberikan umpan balik.

Contoh Penerapan Understanding by Design (UbD) dapat dilihat pada Aksi Nyata: Merancang Kegiatan Pembelajaran dengan Prinsip UbD