Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk mengakomodir pembelajaran siswa dengan memperhatikan minat belajar, kesiapan belajar, dan preferensi belajar.  Dalam kelas yang heterogen, tidak semua siswa akan memahami materi dengan cara yang sama atau pada kecepatan yang sama. Oleh karena itu, pembelajaran berdiferensiasi hadir sebagai solusi untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih personal dan efektif bagi setiap siswa.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan yang sangat efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan mempertimbangkan kebutuhan belajar masing-masing siswa, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, efektif dan menyenangkan. Terdapat 3 strategi pembelajaran berdiferensiasi yaitu:

1.        Diferensiasi Konten

Diferensiasi konten berarti menyesuaikan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, minat, dan tingkat pemahaman masing-masing siswa. Dalam diferensiasi konten, guru dapat memodifikasi konten pembelajaran untuk setiap siswa yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar masing-masing siswa. Guru perlu menyediakan bahan dan alat sesuai dengan kebutuhan belajar siswa.

2.        Diferensiasi Proses

Diferensiasi proses adalah membedakan cara siswa belajar atau memproses materi pelajaran sehingga bukan hanya materi yang disesuaikan namun juga bagaimana siswa dapat berinteraksi dengan materi tersebut.  Dalam diferensiasi proses, guru mengeksplorasi berbagai aktivitas dan strategi untuk mengajar setiap materi kepada siswa.

3.        Diferensiasi Produk

Diferensiasi produk mengacu pada variasi dalam tugas atau proyek akhir yang diberikan kepada siswa. Setiap siswa memiliki kesempatan untuk menunjukkan pemahamannya terhadap materi pelajaran dengan cara yang unik dan sesuai dengan minat serta kemampuan masing-masing siswa. Dalam diferensiasi produk, guru melakukan modifikasi pada produk akhir setiap siswa.